Sabtu, 24 Desember 2016

Tips Memandikan Bayi

http://binyorum.blogspot.co.id/
  Tips memandikan bayi berikut ini mungkin perlu diketahui terutama bagi ibu yang baru melahirkan. Kekhawatiran dan kecemasan biasanya dirasakan oleh ibu baru saat akan mulai memandikan bayinya untuk pertama kali.
    Ekstra hati-hati memang diperlukan, tapi kekhawatiran yang berlebihan justru akan membuat bayi Anda pun merasa tidak nyaman. Jika sudah begitu, tentunya malah akan menambah kecemasan diri Anda sendiri. Tetaplah tenang dan lakukan komunikasi dengan bayi Anda agar ia juga tenang.
   Saat mandi bukanlah aktivitas yang menakutkan, Anda akan segera menemukan kesenangan dalam melakukan aktivitas ini. Saat bayi Anda kian bertambah usianya dan ia sudah bisa duduk sendiri, mandi akan menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan.
Berikut ini beberapa tips memandikan bayi untuk Anda :
  • Siapkan air untuk mandi. Gunakan air hangat.
  • Atur posisi ruangan senyaman mungkin untuk memandikan bayi. Lakukan di ruangan tertutup agar bayi tidak kedinginan.
  • Untuk memandikan bayi, Anda bisa menggunakan wadah dengan ketinggian air sekitar pusar bayi. Anda bisa melapisi bagian dasar wadah dengan handuk agar bayi nyaman.
  • Jangan lupa untuk mempersiapkan perlengkapan mandi bayi. Mulai dari sabun, sampo, handuk, waslap, popok bayi, lotion bayi, dan lainnya. Pastikan segala perlengkapan tersedia dekat dengan Anda.
  • Setelah semua persiapan selesai, Anda bisa mulai memandikan si kecil. Masukkan bayi perlahan ke dalam wadah berisi air hangat.
  • Bayi mungkin akan menggeliat saat Anda memasukkannya ke dalam air. Namun itu reaksi yang wajar. Jika ia terlihat tidak nyaman, percikkan air sedikit demi sedikit pada badan bayi.
  • Jika bayi terlihat nyaman dan menikmati waktu mandinya, Anda bisa mulai membasuh badannya perlahan. Untuk pemakaian sabun dan sampo pastikan tidak perih di mata dan tidak mengandung parfum.
  • Tetap lakukan komunikasi dengan bayi saat Anda memandikannya. Buat ia menjadi senyaman mungkin. Bila perlu, Anda bisa membawa serta mainannya.
  • Setelah selesai memandikan, balut si kecil dengan handuk kering yang lembut. Jangan menggosok-gosok badannya saat mengeringkan, cukup ditepuk-tepuk perlahan hingga kering.
Jika Anda masih mengalami kesulitan untuk melakukan tips memandikan bayi seorang diri, Anda bisa meminta bantuan orangtua Anda yang sudah berpengalaman, atau pengasuh bayi yang sudah terlatih.

Artikel diambil dari : www.melindahospital.com

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Total Pageviews